Pembukaan STQ Ke- XXIV Kabupaten Poso

Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, membuka secara resmi kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-XXIV Tingkat Kabupaten Poso Tahun 2017, bertempat di Gedung PGRI Poso, 15/2/17. Hadir dalam kegiatan tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Poso, Danyon 714 Sinmar, Rektor Unsimar Poso Kisman Lantang, SE, M.Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Poso diwakili oleh Kasi Pendidikan Islam Drs. H. Wawa Suryatna, M.Hi, Ketua LPTQ Poso, Para Kepala SKPD dilingkungan Pemda Poso, Pimpinan Pondok Pesantren Gontor, ,Pendeta Klasis Poso Kota, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMD/BUMD, Swasta, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, serta para Kafilah dari wilayah kecamatan Kabupaten Poso.

 Kegiatan STQ kali ini merupakan hasil keputusan rapat LPTQ dengan Pemda Kab. Poso tanggal 4 januari 2017 tentang pelaksanaan STQ ke-XXIV tingkat Kab. Poso tahun 2017, peraturan daerah Kab. Poso Nomor : 14 tahun 2016 tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah Kab. Poso tahun anggaran 2017 dan keputusan Bupati Poso Nomor : 914/0033/DPA/2017 tentang pengesahan dokumen pelaksanaan kegiatan anggaran (DPA) Kab. Poso 2017. Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kwalitas generai qari dan qariah dalam kemampuan membaca seni Al-Qur'an serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan di jadikan sebagai wahana untuk menumbuhkembangkan semangat membaca dan mempelajari Al-Qur'an sehingga benar-bebar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi dewasa ini khususnya umat islam terutama bagi anak-anak dan generasi muda.Para qari dan qariah yang berkemampuan memperoleh standar penilaian nasional dan selanjutnya dapat mengikuti STQ tingkat provinsi sulawesi tengah utusan kafila kab. poso, kegiatan STQ kali ini diikuti oleh peserta 39 orang dengan jenis cabang seleksi tilawatil qur'an tingkat anak-anak/dewasa, hapzil qur'an dan tafsir qur'an.

 Sebelum membacakan sambutan, Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si melantikan mengukuhkan dan membacakan naskah sumpah dewan hakim STQ ke-XXIV tahun 2017. Dalam sambutannya Wakil Bupati Poso, Ir. T. Samsuri, M.Si, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada dewan juri, panitia penyelenggara bahkan para peserta yang telah mendukung sepenuhnya terselenggaranya kegiatan STQ sehingga dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT melalui lantunan ayat-ayat yang nantinya akan diperlombakan. Bagi pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten poso, STQ ini memiliki makna tersendiri sebagai penyejuk dan perekat kebersamaan masyarakat menghadapi berbagai cobaan dan tantangan masa depan.

 Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si juga mengharapkan dengan kegiatan keagamaan ini nantinya mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat, khususnya  terhadap generasi muda kita yang mudah terpengaruh dengan budaya pergaulan bebas, narkoba, serta budaya negatif lainnya. Disamping itu kegiatan STQ dapat menjadi forum silaturrahim yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan tali ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama serta dapat menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari, memahami, mencintai serta mengamalkan Al-Qur'an sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat manusia. Akhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si, menyampaikan ajang STQ ini menjadi seleksi bagi para qari dan qariah dari seluruh wilayah kecamatan agar dapat meraih prestasi untuk mewakili kabupaten poso dalam penyelenggara STQ tingkat provinsi sulawesi tengah yang Insya Allah dilaksanakan di kabupaten donggala nantinya.